Gubernur Tokyo Yuriko Koike mengatakan situasi virus korona baru

Gubernur Tokyo Yuriko Koike mengatakan pada Selasa (25 Agustus) bahwa situasi virus korona baru di ibu kota Jepang membaik dan dia masih berniat menjadi kota tuan rumah Olimpiade tahun depan.

Gubernur Tokyo Yuriko Koike mengatakan situasi virus korona baru

“Saya pikir situasinya jauh lebih baik daripada sebelumnya,” kata Koike dalam wawancara dengan Televisi Reuters. “Kami akan melakukan yang terbaik untuk mencegah infeksi virus korona rakuten365 di sini, di Jepang dan juga untuk menyambut para atlet dari seluruh dunia.”

Koike mengatakan bulan lalu bahwa Tokyo dapat mengumumkan keadaan darurat jika situasi virus korona memburuk.

Kasus harian telah melonjak melewati 400 hari di tengah peningkatan pengujian. Kasus baru cenderung lebih rendah dalam seminggu terakhir, dan berada di 187 kasus di Tokyo pada hari Selasa.

Koike mengatakan Tokyo telah menetapkan banyak langkah konkret untuk memerangi penularan, tetapi kedatangan dan distribusi vaksin yang efektif merupakan “faktor penting” yang masih harus ditentukan sebelum Olimpiade dapat dilanjutkan.

Seorang mantan penyiar TV, Koike adalah menteri pertahanan wanita pertama Jepang dan wanita pertama yang mencalonkan diri, meskipun tidak berhasil, sebagai pemimpin Partai Demokrat Liberal yang berkuasa.

Koike terkadang berselisih dengan Perdana Menteri Shinzo Abe tentang bagaimana menangani epidemi. Dia mendesak warga untuk membatasi kontak dan pergerakan sementara pemerintahan Abe mendorong kampanye perjalanan domestik yang bertujuan menopang ekonomi regional.

Kunjungan Abe baru-baru ini ke rumah sakit telah menimbulkan kekhawatiran tentang apakah dia akan dapat bertahan sebagai pemimpin. Dia berencana mengadakan konferensi pers tentang kesehatannya segera minggu ini, media domestik melaporkan.

Koike mengatakan dia berharap Abe “dalam kondisi yang baik,” dan memuji usahanya mengamankan Olimpiade untuk Jepang.

“Saya pikir dia yang menjadi tuan rumah Olimpiade 2020, sebenarnya 2021, dan Paralimpiade,” katanya.